BISNIS e-COMMERCE: Telkom-eBay dirikan perusahaan patungan

News Editor
Senin, 16 April 2012 | 14:27 WIB
Bagikan

 

 

JAKARTA: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan eBay sepakat melakukan kemitraan strategis untuk meningkatkan bisnis e-commerce di Indonesia melalui situs e-commerce Plasa.com.

 

Kemitraan tersebut ditandai dengan kesepakatan mendirikan perusahaan patungan bernama PT MetraPlasa antara anak perusahaan Telkom, PT Multimedia Nusantara (Metra) dengan eBay. 

Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan kemitraan antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan di mana Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi dan penyedia jaringan dengan eBay,  perusahaan online marketplace terbesar di dunia.

 

“Telkom sangat antusias bekerja sama dengan eBay untuk memberikan layanan e-commerce melalui kemudahan akses pelanggan Telkomsel, Flexi, dan akses lain yang memungkinkan masyarakat lokal  dan internasional dapat melakukan transaksi online atas produk-produk lokal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” katanya melalui siaran pers Senin, 16 April 2012.

 

Sehingga, tambahnya, sektor usaha kecil menengah dapat berkembang pesat melalui kemudahan akses ke pasar lokal maupun internasional.

 

Rinaldi menambahkan kemitraan dengan eBay dimaksudkan juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global, dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi. 

“Kerja sama Telkom dengan eBay ini merupakan terobosan bagi pelaku UKM atau siapa pun untuk berbisnis secara global dengan memanfaatkan platform eBay yang sudah terbukti berhasil,” tegas Rinaldi.

 

Menurutnya, keberhasilan eBay dalam menciptakan online market dengan transakksi jutaan perhari menggugah Telkom untuk mengikuti jejaknya.

 

Senior Vice President eBay Asia Pasifik Jay Lee mengatakan pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli produk lokal ke seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun mereka inginkan.

 

Jay Lee meyakini relasi yang kuat  antara Telkom  dengan pelanggannya di seluruh Indonesia dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market yang dimiliki eBay akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia. 

Kedua perusahaan meyakini pertumbuhan pengguna Internet yang sangat tinggi di Indonesia. Mengacu kepada riset MarkPlus Insight, pada akhir 2011 angka pertumbuhan pengguna internet mencapai lebih dari 32% per tahun.

 

Saat ini diperkirakan terdapat tidak kurang dari 55 juta pengguna Internet, yang mengakses baik melalui jaringan 3G maupun fixed broadband.

Menurut riset yang dilakukan oleh Frost & Sullivan nilai total transaksi e-commerce di Indonesiapada 2011 diperkirakan mencapai US$1 miliar.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Arif Pitoyo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper