LG ELECTRONICS bidik kontribusi penjualan ponsel pintar 2% di RI

Erly Rusiawati
Kamis, 12 April 2012 | 21:27 WIB
Bagikan

JAKARTA: PT LG Electronics Indonesia menargetkan kontribusi penjualan ponsel pintar hanya 2% terhadap total pendapatan perusahaan tahun ini.Sales Director PT LG Electronics Indonesia Budi Setiawan mengaku perusahaan tidak siap menghadapi kemajuan teknologi ponsel pintar. Ketidaksiapan ini terlihat dari nilai investasi di divisi penelitian dan pengembangan yang tidak besar.

Budi enggan menyebut nilai investasi. Tahun ini perusahaan mengalokasikan sekitar 6% dari total pendapatan untuk divisi penelitian dan pengembangan.“Karena itu kami kalah jauh dari kompetitor. Di ponsel pintar Android kami kalah. Untuk mempersiapkan satu produk saja butuh 9 bulan. Vendor ponsel memang harus menguasai teknologi,” katanya hari ini.

Kekalahan LG mengambil pasar ponsel pintar di Indonesia disebabkan perusahaan fokus investasi mempersiapkan perangkat 4G.Budi mengatakan bila regulasi long term evolution (LTE) sudah siap di Indonesia, tahun depan LG sudah dapat memasarkan perangkat 4G di tanah air. Sekarang LG sedang menggarap pasar ponsel 4G di Amerika dan Eropa.Kontribusi ponsel terhadap total pendapatan perusahaan memang rendah. Sementara, kontribusi terbesar berasal dari LCD tv 55%, diikuti kulkas dan mesin cuci sebesar 35%. Walau berkontribusi rendah, menurut Budi, pasar ponsel pintar tetaplah menguntungkan karena ponsel pintar LG bermain di pasar premium.“Kalau kami main di kelas premium, jumlah penjualan kami memang terbatas tapi pendapatannya besar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Erly Rusiawati
Editor : Dara Aziliya
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper