KOMPUTASI AWAN: SAP kembangkan aplikasi pendukung

 
Erly Rusiawati
Erly Rusiawati - Bisnis.com 03 April 2012  |  19:53 WIB

 

JAKARTA:  SAP mulai fokus mengembangkan aplikasi komputasi awan menyusul semakin banyak perusahaan mengelola kinerja teknologi perusahaan dengan basis awan, penyedia aplikasi piranti lunak untuk perusahaan.
 
SAP melihat tahun ini banyak perusahaan yang memilih menggunakan awan yang pakai sistem sewa dibandingkan berinvestasi untuk bangun pusat data. 
 
Managing Director PT SAP Indonesia Singgih Wandojo mengatakan perhitungan biaya yang dikeluarkan perusahaan selama 4 tahun bila menggunakan sistem sewa atau investasi sebenarnya sama saja. 
 
Namun, sistem sewa lebih menguntungkan karena perusahaan tidak perlu membayar di awal, melainkan tiap bulan. 
 
“Dengan begitu, anggaran untuk investasi awal bisa dipakai perusahaan untuk hal lain,” ujar Singgih. 
 
SAP sudah memperoleh dua pelanggan perusahaan yang menggunakan aplikasi awan untuk talent managing. Lewat aplikasi ini perusahaan dapat memonitor kinerja pegawai. Dengan ukuran tertentu yang dipasang pada aplikasi, perusahaan dapat menemukan bibit unggul. 
 
Singgih menargetkan pilar awan, mobilitas, serta teknologi dan database dapat berkontribusi 20% terhadap total pendapatan perusahaan tahun ini. Tahun lalu pertumbuhan pendapatan perusahaan mencapai 48%. 
 
“Kami belum berani pasang target tinggi dari tiga pilar ini karena ketiganya masih tes pasar. Target terbesar kami masih dari aplikasi dan analisis,” ujarnya. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top