Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IBM bidik pangsa pasar software analitik

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 November 2011  |  18:17 WIB

 

JAKARTA: IBM Indonesia menyasar perusahaan kelas menengah atas untuk memasarkan software bisnis analitik dengan porsi terbesar pada software predictive and advanced analytics.
 
Country Manager IBM Group Nina Wirahadikusumah mengatakan perusahaan kelas menengah pada umumnya memiliki data besar yang terus tumbuh setiap saat. 
 
IBM mencatat saban hari dunia menciptakan sekira 2,5 kuintiliun byte data dari sensor, perangkat bergerak, transaksi online, dan jejaring sosial. Jumlah ini setara 90% data yang diciptakan di dunia selama 2 tahun terakhir. 
 
Menurutnya, data besar sebagai tantangan dapat dijawab dengan tools software yang tepat, yakni bisnis analitik. 
 
IBM berencana memfokuskan diri pada bisnis analitik hingga 2015 dengan target kontribusi bisnis analitik sebesar 10% dari total pendapatan IBM. 
 
Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu sudah menginvestasikan sekitar US$14 miliar untuk, antara lain, akuisisi software serta research and development. 
 
“Kebutuhan perusahaan menengah ke atas di Indonesia terhadap bisnis analitik besar sekali. Rata-rata 70% perusahaan menengah ke atas butuh business analytics software, terutama bank,” ucap Nina di Jakarta hari ini. 
 
Dia memaparkan saat ini perusahaan menengah ke atas yang memiliki data besar sudah mengarah ke kebutuhan prediksi. 
 
IBM menyediakan predictive and advanced analytics bernama SPSS. Dengan software ini perusahaan dapat memahami data, mengalisa tren, meramal, dan merencanakan, serta memvalidasikan asumsi untuk membuat sikmpulan yang lebih akurat. 
 
Piranti lunak SPSS Statistics 20.0 dilengkapi fitur pemetaan baru yang dapat digunakan berbagai industri untuk menganalisa data dan membuat statistic untuk kampanye pemsaran, efektivitas, mendeteksi hot spot kejahatan, dan menghitung nilai tes siswa.  (arh)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Gloria Natalia

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top