Operator terus dorong layanan data

News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Juli 2011  |  10:59 WIB

JAKARTA: Sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia terus membidik peningkatan pendapatan dari bisnis layanan data (Internet), bersamaan dengan pesatnya pertumbuhan pengguna Internet dan dorongan terhadap peningkatan penetrasi broadband.

Pengguna Internet di Indonesia pada tahun ini diperkirakan mampu mencapai angka 50 juta orang, dengan akses Internet yang ditargetkan mampu menjangkau seluruh wilayah Tanah Air hingga akhir tahun ini sesuai program pemerintah.

Kondisi itu yang juga didukung oleh target penetrasi broadband mencapai 30% pada 2014 menunjukkan tingginya peluang bisnis penyediaan layanan data, dibandingkan dengan layanan voice dan SMS yang relatif stagnan, bahkan cenderung menurun.

Corporate Communication Indosat Djarot Handoko mengatakan perseroan saat ini juga terus mendorong peningkatan di segmen bisnis selular yang menyediakan layanan data, meski segmen bisnis lain juga tetap didorong pertumbuhannya.

Menurut dia, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya dua brand baru yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu yaitu Indosat Internet dan Indosat Mobile, dengan menawarkan paket-paket layanan tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dengan fokusnya tersebut, Indosat juga mengambil kendali layanan broadband retail dari anak usahanya Indosat Mega Media (IM2) untuk memperkuat segmen bisnis itu, sekaligus sebagai langkah efisiensi perseroan.

Dengan brand baru yang telah diluncurkan yaitu Indosat Internet dan Indosat Mobile, kami mendorong peningkatan bisnis selular yang menyediakan layanan data, terutama dengan membidik segmen pasar retail. Tetapi, kami juga akan mendorong bisnis lainnya. Kalau soal targetnya saya belum bisa berkomentar, ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

Djarot menyatakan sejauh ini porsi bisnis Indosat masih dikuasai oleh selular mencapai 81%, disusul multimedia digital (midi) sebesar 12%, dan fixed telecommunication sebesar 7%..(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top