Telkom pacu True Broadband Access

Bambang Priyo Jatmiko
Senin, 30 Mei 2011 | 12:09 WIB
Bagikan

JAKARTA: PT Telkom Tbk memacu penggelaran True Broadband Acess untuk mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025.

Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan Telkom True Broadband Access diharapkan membantu percepatan pengembangan enam Koridor Ekonomi Nasional yang telah ditetapkan Pemerinta untuk membantu pembangunan pusat-pusat pertumbuhan di setiap koridor ekonomi.

Menurut Rinaldi, bentuk dukungan tersebut adalah infrastruktur telekomunikasi yang berkemampuan true broadband, yaitu akses yang menghubungkan rumah-rumah pelanggan (home pass) dengan content provider yang berkecepatan 20 megabit per second (Mbps) dan 100 Mbps.

Semua itu, tegasnya, akan memperkuat konektivitas nasional yang meliputi konektivitas intra dan antar pusat-pusat pertumbuhan dalam koridor ekonomi, antar koridor ekonomi (antarpulau) dan internasional, antara lain untuk membuka pintu perdagangan dan wisatawan.

Telkom True Broadband Access dijadwalkan diselesaikan selama 2011-2015 dan saat ini sudah mulai dikerjakan. Hingga 2015 Telkom secara bertahap akan menggelar infrastruktur true broadband, setidaknya meliputi 497 kota/kabupaten dengan target mencapai 13 juta homepass dengan investasi sekitar Rp 21,198 triliun dengan menggunakan dana internal, jelas Rinaldi.

Peta jalan tersebut mengacu kepada Enam Koridor Ekonomi yang telah ditetapkan Pemerintah, yakni Koridor Ekonomi 1 Sumatera, Koridor Ekonomi 2 Jawa, Koridor Ekonomi 3 Kalimantan, Koridor Ekonomi 4 Sulawesi dan Maluku Utara, Koridor Ekonomi 5 Bali dan Nusa Tenggara serta Koridor Ekonomi 6 Papua dan Maluku.(jha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Mursito
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper