Trafik data selama Natal naik 10%

JAKARTA:JAKARTA: Trafik layanan data pada puncak perayaan Natal 2010 mengalami lonjakan di atas 10% dibandingkan hari biasa.
Bambang Priyo Jatmiko | 26 Desember 2010 17:24 WIB

JAKARTA:JAKARTA: Trafik layanan data pada puncak perayaan Natal 2010 mengalami lonjakan di atas 10% dibandingkan hari biasa.

Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, mengatakan dari hasil pemantauan pada saat puncak libur Natal 2010 hampir sebagian besar operator penyelenggara telekomunikasi mencatat kenaikan trafik secara beragam. Khususnya pada tanggal 25 Desember 2010, komunikasi data [Internet] berkisar antara 10% sampai dengan 12%, ujarnya, Minggu.

Adapun trafik percakapan (voice) dibandingkan rata-rata di hari-hari biasa mencatat kenaikan antara 5% dan 8%. Pengiriman SMS lonjakannya berkisar 7% dan 9% dari haris biasa.

Menurut Gatot, berdasarkan pantauan instansinya, layanan telekomunikasi berlangsung lancar dengan tingkat kualitas layanan yang cukup baik dan tidak mengalami gangguan yang berarti baik di layanan suara, SMS dan penggunaan Internet.

Anky A. Priyagung, Vice President Network & Service Quality Telkomsel, mengatakan pada libur dan perayaan Natal tahun ini terjadi peningkatan lonjakan trafik data sampai sekitar 5% dibandingkan hari-hari biasa. Kami mencatat kenaikan lonjakan trafik data sekitar 5% yang paling banyak dikontribusi dari layanan BlackBerry, ujarnya kepada Bisnis, Minggu.

Menurut Anky, lonjakan trafik komunikasi seperti percakapan (voice) dan SMS tidak terlalu besardan cenderung seperti lonjakan pada akhir pekan biasanya.

Triana Mulyatsa, Executive General Manager Divisi Telkom Flexi, mengatakan animo masyarakat untuk menggunakan layanan data Telkom Flexi yaitu FlexiNet cukup besar. Khususnya pada hari libur dan periode Natal 2010 dan menjelang Tahun Baru 2011. Ini terlihat dari kenaikan trafik sekitar 2 [megabit per second/Mbps] setiap harinya, ujarnya melalui penjelasan resmi.

Saat ini, paparnya, pengguna aktif layanan FlexiNet mencapai sekitar 400.000 pengguna dari total 16,8 juta pelanggan Flexi yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Febriati Nadira, Head of Corporate Communication PT XL Axiata Tbk, mengatakan jaringan XL aman dan sukses melayani pelanggan di Hari Natal 2010. Lonjakan trafik percakapan dan SMS tertinggi terjadi pada hari H Natal [25 Desember], dengan peningkatan trafik percakapan 6% menjadi 635 juta menit, SMS naik 7% [695 juta SMS] dan data [24 Desember] naik 11% menjadi 18,9 terrabytes per hari dibandingkan hari biasa, paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top