Bakrie Telecom dan XL tambah kapasitas trafik

JAKARTA: Kapasitas jaringan PT Bakrie Telecom Tbk dan PT XL Axiata Tbk siap mengantisipasi lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru 2011.
Bambang Priyo Jatmiko | 24 Desember 2010 04:11 WIB

JAKARTA: Kapasitas jaringan PT Bakrie Telecom Tbk dan PT XL Axiata Tbk siap mengantisipasi lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru 2011.

Mohammad Buldansyah, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, mengatakan jaringan layanan Esia siap mengantisipasi lonjakan telepon dan SMS di saat Natal dan Tahun Baru.

Untuk mendukung lonjakan ini kapasitas kami sudah sangat memadai. Kami harapkan semuanya berjalan baik sebagaimana kami lakukan saat puasa dan lebaran lalu, ujarnya hari ini.

Menurut dia, pihaknya bukan lagi fokus pada penambahan based transceiver station (BTS) namun lebih pada optimalisasi jaringan yaitu meningkatkan kapasitas di BTS agar dapat memenuhi lonjakan telepon dan SMS.

Merujuk pada data tahun 2009, kenaikan trafik telepon dan SMS biasanya terjadi sejak tanggal 23 Desember hingga 3 Januari. Tahun lalu, tingkat tertinggi terjadi pada tanggal 31 Desember 2009 yang mencatat kenaikan jumlah pelanggan Esia GoGo sebesar kurang lebih 80,49% dibandingkan hari-hari biasa.

Selain optimalisasi jaringan, Esia juga meningkatkan kapasitasnya untuk menampung permintaan layanan Esia GoGo. Layanan ini memungkinkan pelanggan Esia untuk bisa menggunakan teleponnya meskipun pelanggan sedang berada di luar kota.

Ditambahkannya, ada beberapa kota yang mengalami peningkatan tajam permintaan layanan Esia GoGo. Bogor, Bandung dan Yogyakarta menempati tiga besar tujuan layanan Esia GoGO. Kemudian diikuti kota-kota lainnya di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Karawang, Sukabumi dan Jawa Tengah yaitu di Solo dan Tegal serta Purwokerto. Esia sendiri telah hadir di 82 kota di seluruh Indonesia.

Robert Dedi Purwanto, VP Network Operation Center PT XL Axiata Tbk, mengatakan pada saat ini kapasitas jaringan XL mampu menampung 940 juta menit layanan suara namun utilisasinya baru 60%. Trafik di hari besar akhir tahun hingga tahun baru diperkirakan akan meningkat, jelasnya dalam peluncuran tarif telpon Rp0 di 30 detik pertama, Rp0 jelajah BlackBerry di tujuh negara dan Rp0 untuk 1.000 SMS.

Di layanan SMS, utilisasi jaringan XL baru mencapai 24.000 SMS per detik atau 40% dari total kapasitas 650 juta SMS per hari atau 59.000 SMS per detik. Adapun bandwidth 800 Mbps untuk layanan BlackBerry utilisasinya baru 50%, dan layanan data utilisasinya baru 10% dari total 170 terrabyte data per hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top