Telkomsel minta tambahan pita 3G lagi

News Editor
Selasa, 14 Desember 2010 | 10:40 WIB
Bagikan

JAKARTA: PT Telkomsel diketahui telah mengajukan tambahan pita 3G yang kedua sebesar 5 Mhz untuk melengkapi 10 Mhz pita 3G yang sudah dimilikinya.

Dirut Telkomsel Sarwoto Armosutarno mengungkapkan pihaknya tengah mengkaji apakah minta penurunan harga atau tetap menggunakan harga yang sama pada saat tender 3G, yaitu Rp160 miliar.

Telkomsel diduga akan memanfaatkan pita tambahan tersebut untuk layanan data berteknologi Lonr Term Evolution (LTE) sebagai pengembangan teknologi 3G.

Anggota BRTI Heru Sutadi mengatakan regulator dan pemerintah masih mengkaji metode pemberiannya kepada Telkomsel, apakah cukup melalui evaluasi atau harus seleksi. Termasuk juga mengenai harganya.

Frekuensi 3G yang dimiliki Telkomsel saat ini adalah 10 MHz setelah memperoleh tambahan spektrum pita 5 MHz lagi sesuai Keputusan Menkominfo No. 268/2009 tentang penetapan alokasi tambahan blok pita frekuensi radio 2,1 GHz.

Selain, Telkomsel, operator 3G yang sudah memiliki pita 10 MHz adalah PT Indosat dan PT XL Axiata. Adapun PT Natrindo Telepon Seluler dan PT Hutchison CP hanya memiliki 5 MHz pita 3G.

Tambahan frekuensi pita lebar tersebut mendukung kelanjutan roadmap teknologi Telkomsel menuju HSPA+ (High Speed Packet Access) dengan berkemampuan unduh data (downlink) hingga 40 Mbps.

Selain tambahan frekuensi 3G, Telkomsel juga menyiapkan bandwidth dengan kapasitas gateway internet internasional untuk menunjang mobile broadband.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper