XL gandeng 80 penyedia konten

JAKARTA: Operator seluler PT XL Axiata Tbk menjalin kemitraan dengan 80 penyedia konten dengan berbagai platform.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 09 Desember 2010  |  13:13 WIB

JAKARTA: Operator seluler PT XL Axiata Tbk menjalin kemitraan dengan 80 penyedia konten dengan berbagai platform.

Jeremiah de la Cruz, VP Marketing Mobile Data Service XL Axiata, mengatakan saat ini pihaknya menjalin kerja sama dengan total 80 penyedia konten untuk mendukung penyediaan konten inovatif bagi pelanggan.

Posisi penyedia konten sangat penting bagi kami. Banyak konten inovatif yang siap dikembangkan untuk tahun depan di antaranya mengikuti selera dari pelanggan yang selalu berubah, ujarnya hari ini.

Dia menjelaskan salah satunya adalah pengembangan layanan blog selebritas pertama di Indonesia sebagai upaya memberikan sentuhan personal antara selebritas dengan audiensnya.

Adapun, terkait dengan pembagian porsi pendapatan, XL mempertimbangkannya beberapa hal di antaranya konten itu sendiri, biaya distribusi, pemasaran, dan pelayanan pelanggan.

Pada dasarnya, operator mendapat pangsa yang lebih besar karena operator juga aktif mendorong pelanggannya dan memastikan pelanggan dapat membayar dengan pulsa dan aktif mengisi ulang pulsa.

Adapun, penyedia konten bergantung pada operator. Operator mengemban misi kolateral dan ini ada biayanya. Saat ini, di Indonesia, pangsa pendapatan penyedia konten bervariatif antara 30% dan 40% dari total pendapatan bersama.

Jeremi mengatakan pihaknya telah mengembangkan layanan baru personal dan interaktif agar pelanggan dapat menuangkan apa yang ada dalam pikirannya dalam bentuk suara dan mengundang pengguna XL lain untuk mendengarkan dan menjadi pengikutnya melalui layanan XL Cuaps.

Secara terperinci, dia menjelaskan blog suara XL Cuaps memungkinkan pelanggan XL mengikuti blog suara selebriti atau artis idolanya.

Seperti layaknya media jejaring sosial dalam format tulisan atau foto, XL Cuaps juga diklaim memiliki fasilitas bagi pengaksesnya untuk bisa mengikuti (follow) artis idolanya atau temannya, dan mendengarkan apa yang dituangkan dalam blog suara milik mereka.

Dia mengatakan layanan itu sebagai simbol interaksi selebritas dengan audiensnya dengan pendekatan yang unik dan akan menjadi pelengkap interaksi yang dihadirkan oleh media tradisional, seperti TV termasuk jejaring sosial.

Dengan sedikit strategi promosi, papar Jeremi, pada tahap awal layanan yang dinamakan XL Cuaps itu diikuti 14 selebritas dan 400 blog per hari.

Menurut rencana, XL akan menggelar promosi dan lebih banyak selebritas yang diikutsertakan. Saat ini, XL mengklaim sebanyak 550.000 pelanggannya telah menjadi pengikut (follower) dari layanan baru tersebut. (jha)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top